Kali Sengara

Sak bekja bekjane wong kang lali isih luwih bekja wong kang eleng lan waspodo.

Gerakan 24 Oktober: “Boikot Facebook”

with 3 comments

8123 1230666683117 1122612301 30662228 2590299 n

Pada awalnya adalah Kareem Sherif yang membidani group di Facebook untuk melakukan pembredelan terhadap group Facebook bernama “Koran Toilet Paper Roll“. Group-group lain segera bermunculan di berbagai negara dengan tujuan yang sama: Boikot Facebook pada tanggal 24 Oktober s/d 26 Oktober dengan tuntutan tunggal: Bredel “Koran Toilet Paper Roll“.

Seruan Kareem Sherif dapat dilihat di url : http://www.facebook.com/topic.php?uid=114016959620&topic=10895, yang isinya adalah sebagai berikut:

Hi all dear Friends
I know we all suffer from not Closing that Horrible Group until now

Although our group is growing and growing Facebook didn’t take us in consideration and ignored our Legal Request

So we Decided that 24 October will be our First (Boycott Facebook)
so if Facebook didn’t close that group untill 24 October
we have to make a new way of protest !

and the most effective way nowadays is the economical effect
1 day without many Millions of Muslims means less advertisements and some loss to facebook .

** We all Love Facebook and Appreciate the good service it provides
and also we Know that Facebook do its best to get out anyone who penetrates Facebook Terms, so Please facebook Admins Close that group
as we adore facebook and we don’t want even to Leave it for a single day but we don’t have other choice **

Waiting to hear from you
and sure you support is very important in that issue
please tell all your friends about that topic
and try to publish our group more and more via that link :
http://www.facebook.com/groups/edit.php?members&gid=114016959620

And thanks all for your patience and Support
Your Friend Kareem Sherif

Di Indonesia, sebuah group bernama “BOIKOT FACEBOOK TANGGAL 24 OKT!!” dibentuk oleh Al-Faqir Al-Indunisy. Sampai saat tulisan ini dibuat, telah ada 10.967 anggota siap mendukung pemboikotan.

Al-Faqir Al-Indunisy menulis di Papan diskusi group ini, menjelaskan asal-usul pembentukan group ini:

Pemboikot Facebook selama tiga hari sejak tanggal 24 Oktober muncul dari ide sang pemilik group We want Facebook to close this group “koran toilet paper” Kareem Sherif. Dia menuturkan “bahwa meskipun group kita tumbuh, tetapi Facebook tidak juga menjadikan kita sebagai pertimbangan dan (bahkan) mengacuhkan permintaan kita.”

Jadi kami memutuskan tanggal 24 Oktober akan menjadi yang pertama bagi kami (untuk memboikot Facebook). Dan jika Facebook tidak menutup group itu setelah 24 Oktober, kami akan membuat jalan lain untuk protes” tegas Sherif.

Dukungan mengalir terus bukan hanya dari kalangan kaum muslimin saja, bahkan dari kalangan non-muslim yang setuju dengan penutupan group tersebut. Mereka beranggapan bahwa group tersebut dibuat oleh kelompok kebencian, sebagaimana yang dituturkan Nichelle warga Amerika yang beragama Nashrani.

Tanggal 24 Oktober juga telah disepakati oleh para member group yang berjumlah 370 ribu lebih dan terus bertambah setiap menitnya. Terlihat sebagian para member yang mulai mengganti photo profile mereka dengan gambar-gambar yang menunjukkan protes.

Group “Koran Toilet Paper Roll”

Group “koran toilet paper roll” adalah sebuah group yang menghina Agama Islam, dan juga menyebarkan isu-isu kedustaan atas nama Ulama. Salah satu kedustaannya adalah mereka mengatakan bahwa Ulama Saudi ada yang berfatwa bahwa bolehnya menggunakan Bible dan Torah (Taurat) untuk tisu toilet. Ini adalah kedustaan yang dibuat-buat -semoga Allah menghancurkan kedustaan mereka-. Dengan dalih itulah mereka membentuk group biadab tersebut.

Ribuan kaum muslimin dari berbagai negara telah melaporkan group tersebut kepada pihak Facebook. Tapi amat disayangkan, tidak ada respon positif dari pihak Facebook walaupun kaum muslimin juga telah membuat group tandingan We want Facebook to close this group “koran toilet paper roll”.

Group tandingan tersebut mempunyai 370 ribu member lebih, yang berarti 110 kali lipat dari member group yang menghina Islam tersebut. Dan sampai tulisan ini dibuat, tidak ada tanda-tanda respon yang baik dari pihak Facebook. Yang anehnya, beberapa bulan yang lalu kami pernah mendengar bahwa ada group yang bernuansa Islam[2] telah dihapus oleh pihak Facebook tanpa pemberitahuan sebelumnya.

Apa yang sebenarnya terjadi? Apakah pemilik Facebook yang dikenal sebagai mahasiswa “drop out” di Harvard University adalah Islam Phobia? Lantas apa tujuannya membiarkan group-group yang menyerang Islam dan menghapus group-group yang bernuansa Islam? Wallahu A’lam (Hanya Allah yang mengetahuinya)

Inilah wajah group “koran toilet paper roll” di Facebook:

koran-paper-toilet

Boikot 3 Hari Saja

“Kami tidak mengajak kalian untuk memboikot Facebook selamanya, karna kami mengetahui bahwa Facebook juga termasuk kebutuhan Anda dalam hal berdagang, bertukar informasi, bahkan hingga berdakwah. Tapi hanya tiga hari mulai tanggal 24 Oktober bersama ribuan orang lainnya dari berbagai negara.

Tiga hari tanpa jutaan muslim akan berefek pada sedikitnya iklan dan beberapa kerugian lainnya. Kami hanya ingin Facebook lebih selektif dalam mengizinkan pembuatan group di Facebook. Dan juga lebih cepat tanggap mengenai laporan-laporan yang dikirimkan kepadanya.”, demikian tulis Al-Faqir Al-Indunisy.

Action Plan

Tadi malam, ada seorang anggota group yang bernama Abdul Rasyid Ridha menulis di papan diskusi, mengusulkan action plan pemboikotan sbb:

TUJUAN PEMBOIKOTAN

Berikut adalah tujuan pemboikotan Facebook selama 3 hari:

1. Kita ingin Facebook menutup group “koran toilet paper roll”, dan group lainnya yang menyerang Agama Islam.

2. Kita ingin Facebook lebih konsisten dalam menerapkan aturan main dan secara tegas memblokir setiap pembuatan group yang menyebarkan isu-isu pelecehan kepada Agama apapun.

3. Kita ingin Facebook merasakan akibat dari ketidak-konsistenan mereka dengan melakukan boikot selama 3 hari. Hal ini akan merugikan Facebook secara efektif.

LANGKAH-LANGKAH PRAKTIS

1. Ajak sebanyak mungkin famili, sahabat, kenalan untuk bergabung di group ini dengan cara mengundang mereka untuk join atau posting ke wall masing-masing.

2. Gunakan foto profile yang menunjukkan sahabat-sahabat melakukan aksi boikot. Beberapa contoh profile dapat dlihat disini: http://www.facebook.com/group.php?v=photos&gid=155625469129

3. Jangan join ke group “koran toilet paper roll”, karena hal ini hanya akan menambah jumlah pengikut mereka.

4. Laporkan ke pemilik Facebook untuk menutup group “koran toilet paper roll”. Langkah-langkahnya dapat dilihat disini: http://www.facebook.com/note.php?note_id=162761772485&id=18421886 93&ref=nf

5. Mereka telah melecehkan agama Islam dan tindakan ini merupakan tindakan “rasis” dan memicu permusuhan antar-agama. Jangan melakukan hal yang sama di wall group ini dengan menulis hal-hal yang memicu permusuhan dan rasisme. Jika kita lakukan hal demikian, maka pihak lain akan melaporkan hal ini ke Facebook dan Facebook memiliki alasan untuk menutup group ini.

6. Jangan akses Facebook selama 3 hari dimulai tanggal 24 Oktober 2009 jam 00:00 s/d 26 Oktober 2009 24:00.

7. Buat para penulis, gunakan keahlian kalian untuk mensupport group ini.

Kita menghargai kebebasan dalam berekspresi yang bertanggung jawab, mengutuk tindakan-tindakan yang mengarah kepada rasisme, dan pelecehan terhadap agama dan kepercayaan.”, demikian tandas Abdul Rasyid Ridha.

Wah seru! Apa kira-kira yang akan terjadi? Kita lihat saja nanti.

Written by Ponco Reko

23/10/2009 pada 6:39 pm

3 Tanggapan

Subscribe to comments with RSS.

  1. Aksi sudah membuahkan hasil….
    Alhamdullilah group sudah di ambil alih….
    Mudah-mudahan tidak ada penghinaan lagi terhadap ISLAM, karena kami cinta damai.šŸ™‚

    balista

    24/10/2009 at 6:54 pm

  2. Mas Rasyid Ridha berkenan untuk memposting tulisan sebagai jawaban atas kabar ini. Silakan lihat disini:

    https://kalisengara.wordpress.com/2009/10/25/gerakan-24-oktober-menangkah-kita/

    Ponco Reko

    26/10/2009 at 12:26 am

  3. […] 23 Oktober yang lalu saya membaca sebuah tulisan berjudul ā€œGerakan 24 Oktober: Boikot Facebookā€ diĀ Kali Sengara. Tanggal 24 Oktober malam-hari, ada yang menuliskan respon di blog […]


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: