Kali Sengara

Sak bekja bekjane wong kang lali isih luwih bekja wong kang eleng lan waspodo.

23 Tips Pencarian Google

with one comment

Informasi ini aku salin dari buku Google Story atau diterjemahkan dengan judul Kisah Sukses Google: Bisnis, Media, dan Teknologi Terhangat Saat Ini, karangan David A. Vise dan Mark Malseed, terbitan Gramedia Pustaka Utama. Oya, tips-tip ini lebih efektif berlaku dalam bahasa inggris, jadi klik English terlebih dahulu jika alamat Google yang muncul adalah www.google.co.id untuk masuk ke dalam alamat www.google.com.

Berikut ini 23 tip pencarian di Google:

1. Google dapat menjadi buku telepon (untuk sementara berlaku bagi wilayah Amerika Serikat)

Ketik nama seseorang, kota, dan negara bagian ke dalam kotak pencarian, maka Google akan memberikan daftar nomer telepon dan alamat paling Anda cari. Google juga dapat bekerja sebaliknya jika yang anda miliki hanya nomer telepon saja.

2. Google dapat menjadi kalkulator.

Ketik angka-angka (2+2, 12/3) atau kata-kata (two plus two, twelve divide three) atau juga menggunakan kompinasi keduannya (ten million* pi, 15% of six).

3. Lebih panjang lebih baik, tapi pendek pun OK.

Anda dapat mencari dengan memasukan sedikit mungkin kata kunci, namun menambahkan beberapa kata bisa memberikan hasil lebih baik.

4. Gunakan tanda kutip jika ketepatan yang Anda butuhkan.

Mengetikkan “the search is over” ke dalam Google akan menghasilkan halaman Web tentang lagu rock yang dibawakan oleh Survivor, tetapi tanpa tanda kutip akan menghasilkan sekumpulan halaman yang tidak berhubungan. Alasan penambahan tanda kutip di awal dan di akhir, berarti meminta Google mencari kumpulan kata yang sama persis dengan yang anda ketikkan.

5. Google dapat menjadi kamus.

Ketik define diikuti kata apa pun dalam bahasa Inggris ke dalam kotak pencarian, maka Google akan memberi Anda sebuah definisi yang cepat di bagian atas pencarian.

6. Huruf besar atau huruf kecil sama saja.

Anda bisa menghemat waktu dalam mengetik karena tidak usah memakai tombol SHIFT. Mengetikkan Queen Elizabeth II dan queen elizabeth ii memberikan hasil yang sama. Google mengabaikan kata-kata umum seperti the, and, is, of dan to ketika anda menggunakannya dalam pencarian tanpa tanda kutip. Menambahkan kata-kata tersebut tidak mengubah atau menyempurnakan hasil pencarian, jadi anda boleh tidak memakai kata-kata tersebut.

7. Lupakan bentuk jamak atau kata jadian.

Google secara otomatis mencari kata dasar. Anda tidak perlu melakukan pencarian terpisah untuk dance, dances dan dancing. Cukup ketik salah satu kata maka Google akan mengerjakan selanjutnya, memberi Anda hasil-hasil dalam satu daftar.

8. Mencari gambar.

Mencari foto Paris Hilton atau foto Paris Hilton Hotel? Klik “Images” di atas kotak pencarian, ketikkan yang anda mau, maka Google akan mencarikan foto atau gambar dalam databasenya yagn memiliki lebih dari satu miliar gambar. Pencarian gambar bisa mengantar anda ke situs Web yagn bermanfaat bagi anda dan mungkin tidak anda dapatkan melalui pencarian biasa.

9. Peta, petunjuk jalan, dan pemandangan dari satelit cukup dengan satu klik.

Cara paling cepat untuk menemukan jalan paling cepat ke tujuan anda adalah dengan memasukkan kode pos tau nama kota dan negara bagian ke dalam kotak pencarian.

10. Ke mana anda akan pergi hari ini?

Jika anda tau situs web tertentu yagn ingin anda kunjungi, ketik namanya ke dalam kotak pencarian Google, tekan enter, dalam sekejap anda akan berada di sana.

11. Jelajahi rak buku di dunia secara online.

Carilah sebuah topik di print.google.com maka anda akan melihat informasi dari buku-buku aktual yang telah di pindai dan diindeks oleh Google dalam databasenya. Anda dapat membuka-buka atau membaca seluruh teks asal karya bersangkutan tidak dilindungi hak cipta, bagi yang lain. Anda boleh membaca halaman yang memuat kata dari pencarian Anda dan mendapatkan informasi tentang di mana bisa membeli buku lengkapnya.

12. Tekan tombol GOOGLE di ponsel sewaktu anda dalam perjalanan.

Mendapatkan nomer telepon, petunjuk jalan, jam main bioskop, harga saham, dan seabgainya langsung ke telepon selular anda. Kirim sebuah pesan teks berisi pertanyaan anda ke nomor 46645 (khusus pengguna di AS) maka mesin pencari akan mengirimkan pesan berisi jawaban seketika.

13. I’m Feeling Lucky.

Masukan kata yang akan dicari kemudian klik tombol ini pada homepage google untuk memotong daftar hasil yang panjang dan anda akan diantar langusng ke halaman web paling sesuai dengan keinginan anda.

14. Google dapat menjadi wartawan bagi anda.

Google News, yang bisa dicapai melalui link “News” di atas kotak pencarian atau di news.google.com, menyediakan informasi terkini dalam bidang politik, bisnis, teknologi, hiburan, kesehatan, olah raga, dan sebagainya. Ketik sebuah topik yang anda minati, ke dalam kotak pencarian Google News untuk mendapatkan cerita paling baru dari lebih 4500 sumber berita dunia. Agar bisa terus mengikuti pemberitaan tentang sebuah topik, daftarkan ke google.com/alerts untuk mendapatkan email berisi ringkasan berita terkini serta link ke situs-situs web yang memberitakannya.

15. Google dapat menjadi peramal cuaca.

Ketik weather diikuti dengan kode pos atau nama kota, maka google akan memberitahukan keadaan saat ini dan ramalan untuk empat hari mendatang di bagian atas halaman hasil pencarian.

16. Menjadi seorang peneliti.

Google cenderung menghadirkan daftar halaman paling populer dan paling baru di bagian atas hasil pencarian, tapi coba buka halaman kedua, ketiga, atau seterusnya, maka anda sering bisa menemukan halaman yang bagi orang lain tidak penting tetapi berharga sekali untuk proyek penelitian anda. Juga periksa versi “cache” untuk halaman web tersebut yang telah di himpun Google sewaktu merambah dunia internet dan mendonlot isinya. Anda tinggal mengklik link berwarna biru di ujung setiap hasil pencarian. Versi “cache” adalah versi lama sebuah halaman dan sering memiliki isi yang anda perlukan bahkan meskipun halaman tersebut telah diperbaharui misalnya, sebuah situs berita yagn telah menghapus cerita lama atau cerita asli. Versi cached juga membuat kata yang anda cari tampil menonjol dengan warna pada halaman yagn memuat kata tersebut. Ini terutama berguna ketika anda harus membuka-buka dokumen yang panjang.

17. Menjadi Sarjana.

Pencarian serius dapat mengambil informasi dari ribuan jurnal ilmiah dan akademik menggunakan Google Scholar. Masukan kata Anda ke dalam kotak pencarian di scholar.google.com untuk mendapatkan abstrak dan makalah dari sumber-sumber yang menerbitkan makalah termaksud.

18. Huruf ajaib ~.

Karakter yang disebut tidle “~” di ujung kiri atas papan ketik anda merupakan alat sangat berguna dalam pencarian Google. Ketik karakter ini di depan sebuah kata, tanpa spasi untuk meminta Google mencari halaman-halaman berisi kata tadi atau sinonimnya. Contoh dengan mengetikkan ~auto akan menghadirkan halaman-halaman web yang memuat kata-kata car, truck, automobile dan sebagainya.

19. Perbanyak hasil pada tiap halaman.

Link “preference” di sebelah kanan kotak pencarian memungkinkan anda mengubah bermacam-macam setelan untuk pencarian Google, termasuk jumlah hasil yang ditampilkan perhalaman. Naikkan jumlah hasil pencarian per halaman dari 10 yang baku menjadi 20-30 atau lebih, supaya dapat memperoleh jawab lebih banyak dalam satu klik.

20. Penerjemahan ke dalam bahasa lain.

Link “Languge tools” juga di sebelah kanan kotak pencarian di homepage, mengantar anda ke pelayakan penerjemahan otomatis Google dengan sejumlah bahasa yang tersedia. Dari halaman ini, anda dapat menerjemahkan teks dari sejumlah bahasa ke bahasa lain (English to Spanish, French to German, dsb) atau menerjemahkan sebuah halaman web cukup dengan memasukan alamatnya.

21. Mengetahui harga saham dalam seketika.

Ketik stock ticker symbol ke dalam kotak pencarian untuk mendapatkan harga saham dan grafik untuk perusahaan terbuka mana pun yang terdaftar di New York Stock Exchange, America Stock Exchange, atau NASDAQ.

22. Dapatkan hasil yang lolos sensor.

Pencarian menyangkut topik serius seperti sex education bisa memunculkan hasil yang tidak untuk semua umur, maka Google menyediakan pilihan untuk mengaktifkan SafeSearch filter supaya hasil pencarian bisa family-friendly. Klik link “preferences” di sebelah kotak pencarian untuk melihat dan mengatur setelan SafeSearch (pilih dari “strict”, “moderate” atau tanpa filter).

23. Melongok ke dalam Google.

Klik link “more>” di atas kotak pencarian untuk menemukan fitur dan produk Google lain serta petunjuk-petunjuak lebih lanjut tentang melakukan pencarian secara efektif. Kunjungi panduan pencarian sehalaman yang sangat praktis di google.com/help/cheatsheet.html. Lihat pula inovasi-inovasi Google untuk masa mendatang seperti pencarian TV, pencarian pribadi, penentuan lokasi taksi waktu nyata (real time taxicab locator) dan lain-lain di Google Labs. Cukup ketikkan “Google Labs” ke dalam kotak pencarian Google Labs.

Semoga berguna..:)

Sumber: vitarlenology.multiply.com

Written by Ponco Reko

26/10/2009 pada 1:12 pm

Satu Tanggapan

Subscribe to comments with RSS.

  1. Thanks for this wonderful article. One other thing is that
    most digital cameras are available equipped with some sort of zoom lens so that more or less of any
    scene to become included by means of ‘zooming’ in and out.
    Most of these changes in target length usually are reflected
    inside the viewfinder and on huge display screen at the back of the specific camera.

    Carlie Cardoza

    29/09/2014 at 10:37 pm


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: