Kali Sengara

Sak bekja bekjane wong kang lali isih luwih bekja wong kang eleng lan waspodo.

Melakukan Pencarian Efektif di Google

leave a comment »

logo 40whtKehadiran search engine di internet akan sangat membantu kita dalam mencari referensi atau situs/blog yang memuat hal yang kita butuhkan. Mencari referensi akan menjadi lebih mudah dan kita tidak perlu repot – repot mencari alamat situs tertentu yang memuat tulisan yang kita cari. Sebut saja misalnya ketika kita akan mencari informasi tentang perikanan atau bisnis, kita tinggal masukan kata kunci yang ada ke dalam kotak pencarian dan seketika daftar situs yang memuat informasi tentang hal itu akan muncul di hadapan kita.

Ada banyak beragam search engine (mesin pencari) di internet dan yang paling popular di antara sekian banyak itu adalah Google. Prinsip kerja Google adalah dengan megumpulkan berbagai informasi tentang situs – situs yang berada di internet dan menyimpannya dalam databasenya. Ketika seseorang melakukan pencarian di kotak pencarian Google berdasarkan kata kunci tertentu maka seketika juga informasi situs yang ada dalam database Google yang berkaitan dengan kata kunci tersebut akan muncul.

Namun demikian adakalanya ketika kita melakukan pencarian di Google, kita mengalami kesulitan mendapatkan informasi yang benar – benar kita butuhkan. Terkadang pada saat kita mengklik sebuah informasi situs hasil pencarian, ternyata situs tersebut kurang memberi atau bahkan tidak sama sekali menjawab kebutuhan kita. Hal itu kadang membuat kita jengkel dan kesal, mungkin saja informasi yang kita cari itu berada jauh dalam urutan yang ditampilkan Google.

Untuk mengurangi kekesalan tersebut dan agar pencarian yang kita lakukan akan terasa efektif, alangkah baiknya jika kita mengetahui operator apa saja yang dapat digunakan saat melakukan pencarian. Beberapa operator yang mungkin dapat membantu anda dalam melakukan pencarian secara efektif di Google adalah sebagai berikut :

1. Tanda kutip (“). Tanda kutip ini akan berfungsi memerintahkan Google untuk menampilkan hasil pencarian dengan kata kunci yang persis di apit oleh tanda kutip (“). Contoh jika kita menuliskan “teknologi perikanan” dalam kotak pencarian, maka hasil pencarian akan menampilakan informasi situs yang memuat kata kunci yang persis yaitu teknologi perikanan. Akan berbeda hasilnya jika kita hanya menuliskan teknologi perikanan saja. Jika hanya menuliskan teknologi perikanan saja tanpa diapit oleh tanda kutip maka yang akan ditampilkan adalah informasi situs yang memuat kata kunci teknologi dan perikanan secara acak.

2. keyword.filetype: Operator ini berguna jika kita hendak mencari informasi berdasarkan keyword (kata kunci) dan jenis filenya. Misalkan kita akan mencari informasi tentang tips promosi efektif dengan jenis file pdf, maka dapat kita tuliskan sebagai berikut : tips promosi efektif.filetype:pdf atau “tips promosi efektif”.filetype:pdf contoh tipe file lainnya : doc atau ppt

3. Tanda minus (-). Operator ini berfungsi untuk memerintahkan Google agar menampilkan informasi situs yang berkaitan dengan kata yang ada sebelum tanda minus akan tetapi tidak menampilkan informasi situs tentang kata yang ada setelah tanda minus. Contoh jika kita menuliskan perikanan-teknologi, maka hasilnya akan ditampilkan informasi situs yang mengandung kata perikanan saja dan tidak mengandung kata teknologi.

Saya kira cukup sampai di sini dulu tipsnya, selamat mencoba. Tips di atas adalah tips yang paling standar yang akan membantu pencarian anda lebih efektif di google. Semoga bermanfaat.

Sumber: kumpultips.wordpress.com

Written by Ponco Reko

26/10/2009 pada 10:55 am

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: